: Welcome To My Blog

Minggu, 09 Oktober 2011

Mengapa bisa terjadi banjir?



Menurut ahli hidrologi banjir di Indonesia dibagi menjadi 3 jenis :
·                Banjir akibat dari luapan sungai, banjir ini terjadi akibat sungai tidak mampu lagi menampung aliran alir.
·                Banjir lokal. Banjir ini terjadi akibat air yang berlebihan pada suatu tempat.
·                Banjir akibat pasang surut air laut. Saat air pasang, ketinggian permukaan air laut akan meningkat, otomatis aliran air di bagian muara sungai akan lebih lambat dibandingkan pada saat laut surut.
Itulah pertanyaan yang muncul di pikiran kita, meskipun kita mengetahui hal – hal yang menyebabkan banjir. Sebenarnya banjir bisa terjadi juga karena ulah manusia, ulah manusia yang berbuat kerusakan yang tidak mencintai alam dan juga karena fakor alam itu sendiri. Berikut ini akan beberapa hal yang dapat menyebabkan banjir :
v  Hujan yang tiada henti
v  Luas daerah tempat terjadi hujan
v  Periode atau intensitas hujan
v  Kemampuan tanah untuk menahan ataupun menyerap air
v  Pemusnahan hutan sehingga menyebabkan hujan yang turun tanpa diserap oleh tumbuhan.
v  Sistem perparitan yang tidak terancang.
v  Serta karena ulah manusia yang sering membuang sampah sembarangan, sehingga menyebabkan aliran air tersumbat oleh sampah.
Itulah beberapa hal yang dapat menyerap banjir sering kita mendengar hal itu atau bahkan kita sering melakukan perbuatan yang dapat merusak lingkungan atau alam ini? Hanya diri kita sendiri yang bisa menjawab. Lalu kapan banjir terbesar terjadi di Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar