: Welcome To My Blog

Selasa, 06 Mei 2014

Pengertian Dan Pengaruh Adanya Hak Kepemilikan Dan Beberapa Hal Yang Menyebabkan Perubahan Hak Kepemilikan Dan Adanya Pengaruh Terhadap Neraca Konsolidasi



Penggabungan usaha merupakan usaha untuk menggabungkan suatu perusahaan dengan satu atau lebih perusahaan lain kedalam satu kesatuan ekonomi. Kepemilikan  perusahaan induk atas investor pada perusahaan anak/investasi mungkin berubah sebagai akibat perusahaan anak menjual saham tambahan atau perusahaan anak menjual saham miliknya sendiri.
Faktor – faktor yang harus diperhitungkan didalam memilih dasar yang akan dipakai untuk menentukan besarnya kontribusi dari masing – masing perusahaan yang mengadakan penggabungan usaha adalah :
1.      Penggabungan usaha dengan mengeluarkan satu jenis modal saham
2.      Penggabungan usaha dengan mengeluarkan dua atau lebih modal saham
Beberapa hal yang menyebabkan perubahan hak pemilikan dan pengaruhnya terhadap neraca kondolidasi :
1.      Pembelian saham perusahaan anak dilakukan lebih dari satu kali, hak kontrol diperoleh sejak saat pembelian saham pada tahap pertama.
2.      Pembelian perusahaan anak dilakukan lebih dari satu kali, hak kontrol diperoleh baru setelah saat pembelian saham.
3.      Pembelian dan penjualan kembali sebagian dari saham – saham perusahaan anak yang mempengaruhi hak – hak kepemilikan perusahaan induk.
4.      Transaksi – transaksi peredaran saham yang di tarik kembali (Treasury Stock).
5.      Emisi saham dan penarikan kembali saham – saham perusahaan anak yang mempengaruhi hak kepemilikan perusahaan induk.
Ada beberapa perilaku akuntansi yang sering digunakan untuk pengaruhnya terhadap neraca konsolidasi :
1.      Perakuan akuntansi untuk pembelian saham perusahaan anak yang dilakukan beberapa kali
2.      Perlakuan akuntansi transaksi lainnya yang mempengaruhi perubahan hak kepemilikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar