: Welcome To My Blog

Minggu, 01 Januari 2012

Proses Penciptaan Manusia

Bagaimanakah proses penciptaan manusia sebenarnya?
Ada banyak penjelasan mengenai proses penciptaan manusia yaitu menurut al – qur’an, dan juga menurut sejarah yang berasal dari nenek moyang. Disini akan kita bahas bersama – sama.

Penciptaan manusia menurut al-qur’an    

Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna yang diciptakan berbeda dengan yang lainnya, ia memiliki potensi, perasaan yang sangat peka dan yang paling penting Allah SWT memberikan manusia akal pikiran dan juga bentuk tubuh yang paling sempurna. Lalu bagaimana Allah menciptakan manusia? Semua sudah dijelaskan di dalam al- qur’an nul karim. Di dalam al – qur’an Allah menjelaskannya secara terperinci. Seperti yang terdapat pada qur’an surat Al-Mu’minun Allah berfirman, "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang,  lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging.  Kemudian Kami  jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik." (QS. Al-Mu'minun : 12-14).

Sudah jelas bahwa manusia diciptakan dari saripati tanah dan akan kembali lagi ke tanah. Oleh karena itu manusia janganlah bersikap sombong dan berusahalah untuk menjadi manusia yang selalu bertakwa dijalan-Nya. Dokter ahli kandungan nomor satu di dunia menyebutkan, bahwa semua yang disebutkan di dalam Al-Qur'an dan hadits-hadits Rasulullah SAW tentang proses penciptaan manusia adalah sesuai dengan ilmu pengetahuan modern. Dia menyampaikan pidato dengan tema "Keselarasan Ilmu Kandungan dengan Apa yang Terdapat dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah" di Universitas Al-Malik Faishal. Dia berkata, "Sungguh ilmu pengetahuan ini, yang terdapat dalam Al-Qur'an, membuktikan kepada saya bahwa Al-Qur'an yang dibawa oleh Muhammad datang dari sisi Allah, sebagaimana juga membuktikan bahwa Muhammad adalah seorang rasul yang diutus oleh Allah."

Itulah pemaparan penciptaan manusia menurut al-qur’an bahwa manusia itu berasal dari tanah, air mani lalu menjadi segumpal darah, segumpal daging, tulang berulang, dan tulang yang membungkus daging lalu menjadi janin dan Allah meniupkan ruh pada saat usia kandungan 4 bulan atau 120 hari, lalu menjadi bayi yang lahir ke dunia dan Allah beri pendengaran dan penglihatan dan mengalami tahap – tahap dalam kehidupan dan pada akhornya akan kembali lagi pada yang menciptakan yaitu Allah SWT.  Perlu diingat teman – teman  bahwa Allah melihat apa yang sedang kita kerjakan untuk itu selalu berbuat baiklah agar kita tetap bisa menjadi hamba Allah yang bertakwa kepada-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar