: Welcome To My Blog

Minggu, 01 Januari 2012


Sabuk asteroid
 Asteroid  adalah objek Tata Surya yang terdiri atas batuan dan mineral logam beku.
Sabuk asteroid utama terletak di antara orbit Mars dan Yupiter, berjarak antara 2,3 lan 3,3 SA dari srengenge, merupakan sisa bahan formasi Tata Surya yang gagal menggumpal karena pengaruh gravitasi Yupiter. Gradasi ukuran asteroid adalah ratusan kilometer sampai mikroskopis. Semua asteroid, kecuali Ceres yang terbesar, diklasifikasikan sebagai benda kecil Tata Surya. Beberapa asteroid seperti Vesta dan Hygiea mungkin akan diklasifikasi sebagai planet kerdil jika terbukti telah mencapai kesetimbangan hidrostatik.
Sabuk asteroid terdiri dari beribu-ribu, mungkin jutaan objek yang berdiameter satu kilometer. Meskipun demikian, massa total sabuk utama ini tidak lebih seperseribu massa bumi. Asteroid dengan diameter antara 10 lan 10−4 m disebut meteorid.[40]

 Ceres (2,77 SA) adalah benda terbesar di sabuk asteroid yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Diameternya kurang dari 1000 km, cukup besar dengan gravitasi menggumpal membentuk bundaran. Ceres dianggap sebagai planet ketika ditemukan pada abad ke 19, tetapi di-reklasifikasi menjadi asteroid pada taun 1850an setelah observasi lebih lanjut menemukan beberapa asteroid lagi. Ceres direklasifikasi lanjut pada taun 2006 sebagai planet kerdil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar