: Welcome To My Blog

Minggu, 01 Januari 2012

Tata Surya bagian luar

Pada bagian luar Tata Surya terdapat gas-gas raksasa dengan satelit-satelitnya yanng berukuran planet. Banyak komet berperioda pendek termasuk beberapa Centaur, juga berorbit di daerah ini. Badan-badan padat di daerah ini mengandung jumlah volatil (contoh: air, amonia, metan, sering disebut "es" dalam peristilahan ilmu keplanetan
Planet-planet luar


 Yupiter
Yupiter (5,2 SA), dengan 318 kali massa bumi, adalah 2,5 kali massa gabungan seluruh planet lainnya. Kandungan utamanya adalah hidrogen lan helium. Sumber panas di dalam Yupiter menyebabkan timbulnya beberapa ciri semi-permanen pada atmosfernya, sebagai contoh pita pita awan dan Bintik Merah Raksasa Sejauh yang  diketahui Yupiter memiliki 63 satelit. Empat yang terbesar, Ganymede, Callisto, Io, dan Europa menampakan kemiripan dengan planet bumi, seperti gunung berapi dan inti yang panas.[44] Ganymede, merupakan satelit terbesar di Tata Surya, berukuran lebih besar dari Merkurius.
ini adalah gambar planet yupiter bagus yaa .. planet yupiter adalah planet terbesar dalam tata surya loh ..



Saturnus
Saturnus (9,5 SA)  dikenal dengan cincinnya, memiliki beberapa kesamaan terhadap Yupiter,  contoh komposisi atmosfernya. Saturnus hanya sebesar 60% volume Yupiter, planet ini hanya seberat kurang sepertiga Yupiter atau 95 kali massa bumi, membuat planet ini sebuah planet yang paling tidak padat di Tata Surya. Saturnus memiliki 60 satelit yang diketahui sejauh ini dua di antaranya Titan lan Enceladus, menunjukan activitas geologis. Titan berukuran lebih besar dari Merkurius dan merupakan satu-satunya satelit di Tata Surya yang memiliki atmosfer yang cukup.



Uranus
Uranus (19,6 SA) memiliki 14 kali massa bumi, planet paling ringan di antara planet-planet luar. Planet ini memiliki kelainan ciri orbit. Uranus mengedari srengenge dengan poros 90 derajat pada ekliptika. Planet ini memiliki inti yang sangat dingin dibandingkan gas raksasa lainnya serta sedikit memancarkan energi panas. Uranus memiliki 27 satelit yaitu terbesar adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel dan  Miranda

.
Neptunus
Neptunus (30 SA) lebih kecil dari Uranus, memiliki 17 kali massa bumi, sehingga lebih padat. Planet ini memancarkan panas tetapi tidak sebanyak Yupiter atau Saturnus. Neptunus memiliki 13 satelit yang diketahui. yang terbesar, Triton, geologinya aktif, serta memiliki geyser nitrogen cair.  Triton adalah satu-satunya satelit besar dengan orbit terbalik arah (retrogade). Neptunus juga didampingi beberapa planet minor pada orbitnya, yang disebut Trojan Neptunus.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar