: Welcome To My Blog

Minggu, 22 Desember 2013

“Waktu tidak bisa di ulang, maka bersegeralah dalam kebaikan”



Waktu tidak bisa diputar dan kesempatan belum tentu datang dua kali, maka lakukanlah kebaikan sesegera mungkin. Bersegera dalam kebaikan sangat dianjurkan dalam islam. Betapa pentingnya manusia menghargai waktu. Ada pepatah mengatakan waktu adalah uang dan waktu adalah pedang maka orang – orang yang menghargai waktu dapat dikatakan orang – orang yang beruntung. Apakah kita termasuk orang – orang yang memanfaatkan waktu dengan baik ? terkadang kita sering lalai dan menunda untuk mengerjakan sesuatu dengan alasan nanti sajalah.. hmm.. terkadang sayapun seperti itu. Rasa malas terkadang datang saat kita ingin mengerjakan sesuatu tetapi cara yang paling baik adalah melawan rasa malas itu dan ingatlah bahwa Allah sangat menyukai orang – orang yang bersegera dalam kebaikan. Ada beberapa hadis yang pernah saya dengar tentang bersegera dalam kebaikan seperti hadis berikut :
Dari Abu Huraira ra. Mengatakan bahwa ada ada seseorang datang kepada Nabi saw. Dan bertanya,” wahai rasulullah sedekah apa yang paling besar pahalanya? Beliau menjawab kamu sedekah sedangkan kamu masih sehat, suka harta, takut miskin dan masih ingin kaya. Dan janganlah kamu menunda – nunda sehingga bila nyawa sudah sampai tenggorokan(sekarat) maka kamu baru berkata untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan( ahli waris) (H.R.Bukhari Muslim)
Dari Abu Huraira ra bahwasannya rasulullah saw bersabda “Bersegeralah kamu sekalian untuk beramal sebelum datangnya 7 hal: apakah yang kamu nantikan kecuali kemiskinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang dapat mengendorkan tubuh, tua renta yang dapat melemahkan, mati yang dapat menyudahkan segalanya, menunggu datangnya dajjal padahal ia sejelek-jelek yang ditunggu atau menunggu kiamat padahal kiamat adalah sesuatu yang amat menakutkan.
Dari beberapa hadis tersebut ini bisa dijadikan pegangan ataupun bekal untuk kita, bahwa Allah menanti kita untuk bersegera berbuat kebaikan,dan memberikan pahala untuk itu misalnya kita belum menutup aurat.. maka segera kita tutup aurat karena itupun merupakan suatu kebaikan, tanpa harus menunggu kapan kita siap ataupun tua karena kita tidak tahu sampai kapan kita hidup. Karena kematian bisa datang kapan saja, dan waktu tak bisa di putar kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar