: Welcome To My Blog

Senin, 07 April 2014

Laporan Keuangan Konsolidasi Teknik dan Prosedur Konsolidasi



Pada pertemuan ketiga kali ini, kita akan mempelajari mengenai laporan keuangan konsolidasi, teknik dan prosedur dalam konsolidasi. Apa iti laporan keuangan konsolidasi ? Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dari hasil operasi untuk induk perusahaan(entitas pengendali) dari satu atau lebih anak perusahaan. Tujuan dari laporan keuangan konsolidasi adalah agar dapat memberikan gambaran yang objektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari suatu perusahaan dimana laporan keuangan konsolidasi perusahaan tidak boleh  menyesatkan pihak – pihak yang berkepentingan.
Sifat – sifat laporan keuangan yang dikonsolidasi :
1.      Menunjukkan pengaruh ekonomi dari penggabungan 2 atau lebih perusahaan
2.      Digunakan untuk perusahaan induk dan anak, perusahaan anak dipandang sebagai cabang..
3.      Nama perusahaan induk yang melaporkan saham perusahaan anak sebagai investasi
Masalah – masalah yang umum yang dihadapi dalam penyusunan laporan keuangan :
1.      Periode laporan neraca konsolidasi disusun
2.      Jumlah saham yang dimiliki oleh perusahaan induk dan harga perolehan yang sudah dikeluarkan  untuk mendapatkan saham tersebut.
Teknik prosedur konsolidasi :
1.      Proses konsolidasi dipengaruhi oleh metode akuntansi yang di gunakan untuk mencatat investasinya dalam perusahaan anak.
2.      Prosedur konsolidasi di diatur dalam PSAK No4
Prosedur penyusunan laporan keuangan konsolidasi :
1.      Mengeliminasi semua rekening timbal balik
2.      Menyusun kertas kerja
Dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi antara perusahaan induk dan perusahaan anak dapat digunakan 3 metode yaitu :
1.      Metode equitas
Konsep dasar dari metode equitas pada dasarnyamemandang investasi induk perusahaan terhadap anak perusahaan sebagai sesuatu penyertaan modal sehingga jika aktiva bersih anak perusahaan berubah karena kegiatan operasionalnya, secara otomatis akan menyebabkan berubahnya nilai investasi induk perusahaan. Perusahaan induk dan anak merupakan satu kesatuan usaha, seperti halnya hubungan kantor pusat dan kantor cabang.
2.      Metode equitas tidak lengkap
Jika metode equitas diterapkan secara benar, laba bersih perusahaan induk adalah sama dengan laba bersih konsolidasi, dan saldo laba perusahaan induk sama dengan saldo laba konsolidasi. Persamaan jumlah laba dan saldo laba perusahaan induk dan konsolidasi ini tidak selalu ada. Persamaan tersebut tidak ada jika metode ekuitas diterapkan secara tidak benar, atau jika akuntansi metode biaya digunakan untuk investasi perusahaan anak.
3.      Metode harga perolehan(cost method)
Pada metode biaya, yang di pakai untuk mencatat investasi saham-saham anak perusahaan,maka hanya dividen atas saham-saham tersebut (yang telah dibagikan oleh anak perusahhaan)yang diakui sebagai pendapatan (revenue)oleh induk perusahaan.  sebaliknya laba atau rugi atas pemilikan modal (sahan)hanya timbul apabila sebagai atau seluruh jumlah saham yang di miliki tersebut dijual.pada metode biaya bagian dividen yang dibagikan oleh anak perusahaan dicatat debit dalam rekening “piutangdividen(kas)”dengan rekening lawan kredit “penghasilan deviden”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar