: Welcome To My Blog

Selasa, 01 April 2014

Konsep Akuntansi dalam penggabungan Usaha



Pada pertemuan kedua telah dijelaskan materi mengenai Konsep Akuntansi dalam Penggabungan Usaha, saya ingin menjelaskan kembali apa yang telah dijelaskan sebelumnya...
Penggabungan Usaha adalah penyatuan dua atau lebih perusahaan yang terpisah menjadi satu entitas ekonomi karena satu perusahaan menyatu dengan perusahaan lain atau memperoleh kendali atas aktiva dan operasi perusahaan lain. ada 2 metode yang digunakan dalam penggabungan usaha yaitu metode penyatuan kepentingan (pooling of interest method) dan metode pembelian (purchase method). Penggunaan kedua metode tersebut bukanlah pilihan bagi perusahaan. Penggunaan metode haruslah sesuai dengan maksud adanya penggabungan usaha apakah penyatuan kepentingan, jika syarat – syarat penyatuan kepentingan tidak terpenuhi maka harus menggunakan metode pembelian. Penggabungan usaha dengan metode pembelian mengasumsikan bahwa penggabungan usaha adalah suatu transaksi dimana suatu entitas memperoleh aktiva bersih dari perusahaan – perusahaan yang bergabung. 


Akuntansi Investasi dalam Saham
Ada 2 metode dalam investasi dalam saham yaitu :
1.      Equity Method, akuntansi accrual untuk investasi equitas yang memungkinkan perusahaan investor menggunakan pengaruh signifikan terhadap perusahaan investee. Dicatat pada biaya perolehan dan disesuaikan dengan keuantungan dan kerugian dan deviden. Jika investor mempunyai lebih besar sama dengan 20% hak suara pada perusahaan ivestee maka investor dipandang mempunyai pengaruh signifikan.
2.      Cost Method, investasi dalam saham biasa dicatat pada biayanya, dan dividen dari laba berikutnya disebut pendaapatan deviden. Jika investor mempunyai kurang dari 20% hak suara maka investor dipandang tidak mempunyai pengaruh signifikan.

Untuk lebih memperjelas jurnal pencatatan jurnal investasi dalam saham, perhatikan contoh berikut :
Pada tanggal 1 juli Flizer CO membeli 2000lembar saham darin 10000lembar saham dengan nominal $50 perlembar saham sama dengan blok valued fair value dari sud net asset. Net income sud CO tahun tersebut $50.000.  Pada tanggal 1 November dibayarkan deviden $20.000. buatlah jurnal
Jawab :
Metode Cost Method
Saat terjadi investasi/pembelian:
Investement in CO Sud          $100.000
            Cash                                        $100.000

Ket: di dapat dari 2000lembar * $50 = $100.000

Mencatat Deviden :
Cash                                        $4.000
            Deviden Income                     $4.000
Ket : 2/10 * $20.000 = $4.000

Jurnal penyesuaian untuk mengakui laba CO X:
No entri
Karena diasumsikan saham tidak dapat diperjualbelikan.

Metode Equity Method
Saat terjadi Investasi :
Investasi in CO X       $100.000
            Cash                            $100.000

Mencatat Deviden :
Cash                                        $4.000
            Investasi in CO X                   $4.000
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar