: Welcome To My Blog

Senin, 14 April 2014

Modifikasi dalam metode Equity dan penyusunan neraca konsolidasi



Pada kesempatan ini saya ingin mengulas kembali apa yang sudah disampaikan oleh kelompok 5, ada beberapa jenis penggabungan usaha antara lain merger, konsolidasi dan afiliasi. Didalam struktur perusahaan afiliasi hanya ada satu tingkatan hubungan diantara perusahaan- perusahaan yang bersangkutan yaitu perusahaan induk dan perusahaan anak. Akan tetapi ada kemungkinan didalam kelompok perusahaan yang berafiliasi mempunyai hubungan bertingkat. Hal ini terjadi apabila suatu perusahaan anak mempunyai memiliki control terhadap perusahaan lain.
Ada beberapa hal – hal yang harus diperhatikan dalam pencatatan terhadap investasi saham perusahaan anak dengan metode equity adalah :
1.      Rugi dan laba bersih perusahaan anak
Untuk keuntungan
Investasi Saham pada Perusahaan Anak (D) 
Pendapatan dari Perusahaan Anak (K).
Rugi                                                                                                                       Kerugian dari Perusahaan Anak (D)                                                                                                         Investasi Saham pada Perusahaan Anak (K).
2.      Dividen yang dibagikan oleh Perusahaan Anak
Dengan adanya pembagian dividen ini, perubahan yang terjadi pada perusahaan induk ialah perubahan bentuk kekayaan (aktiva) yang semula berupa hak atas laba pada perusahaaan anak (yang tercemin dalam rekening “Investasi Saham Perusahaan Anak”) ke dalam bentuk kekayaan (aktiva) yang lain (“Piutang Dividen” atau “Kas”).

Modifikasi Metode Equity
Di mana perusahaan induk mencatat dan mengakui bagian atas laba atau rugi perusahaan anak yang ditampung dalam rekening Investasi Saham dan mengakui pembagian deviden dari perusahaan anak sebagai realisasi dari/pencarian dari sebagian Investasi/Penanaman Modal pada perusahaan anak di sebut dengan metode yang konvensional. Dari segi ekonomis, laba yang didapat oleh perusahaan anak juga harus diakui dan tercermin dalam laporan keuangan perusahaan induk. Prosedur yang merupakan suatu modifikasi tersebut disebut sebagai Prosedur Penilaian oleh karena pencatatan yang dipakai didasarkan atas penilaian.
PENYUSUNAN NERACA KONSOLIDASI
Neraca konsolidasi yaitu neraca yang menggambarkan aktiva dan pasiva bersih secara keseluruhan dari induk perusahaah beserta anak perusahaan.  Laporan Keuangan Konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari sebuah grup perusahaan, terdiri dari induk perusahaan dan satu atau lebih anak perusahaan yang seolah-olah sebagai satu perusahaan. Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi, yaitu agar dapat memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari satu perusahaan (economic entity).
Manfaat disusunnya Laporan Keuangan Konsolidasi adalah:
1.      Untuk kepentingan jangka panjang, efek anak perusahaan terhadap induk
2.      Memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan tehadap kinerja grup (anak) perusahaan
3.      Kepentingan informasi pihak luar
Gambaran Umum Proses Konsolidasi
Secara umum, prosedur dan proses pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi diawali dengan penggabungan dengan cara menambahkan secara bersama-sama Laporan Keuangan yang terpisah yang terdiri dari dua entitas atau lebih. Kemudian, dilakukan penyesuaian dan eliminasi terhadap transaksi yang terjadi di dalam satu grup. Proses pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi akan menjadi masalah apabila kepemilikan terhadap perusahaan anak kurang dari 100%.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar